Sabtu, 15 Mei 2021

Ketahui Istilah Istilah Penting Root Android

Ketahui Istilah Istilah Penting Root Android

Ketahui Istilah Istilah Penting Root Android


Istilah penting root Android harus kamu pahami dulu sebelum melakukan root pada gadget mu. Rooting adalah sebuah proses yang dilakukan pemilik HP/Tablet Android untuk mendapatkan akses istimewa kedalam sub-sytem OS android. Dengan melakukan root, kamu akan kehilangan garansi gadgetmu, tapi jangan khawatir karena perangkat android bisa di-unroot sehingga masih bisa claim garansi (pastikan unroot sebelum dibawa ke service center).

Sebelum nge-root HP/Tablet android mu, ada baiknya tau dan faham dulu beberapa istilah penting yang biasa digunakan dalam root android.


1. ROM (firmware)

Dalam dunia komputer dikenal juga ROM (Read-Only Memory). Tapi yang dimaksud ROM di komputer dan ROM di android sangat berbeda. ROM di android bisa dikatakan sebagai OS android yang berjalan di gadget kamu. Selain ROM bawaan pabrik, banyak juga ROM modifikasi buatan para pengembang yang dibuat untuk mengoptimasi HP/Tablet Android. Salah satu developer besar yang membuat ROM modifikasi adalah CyanogenMod.


2. Bootloader

Bootloader adalah serangkaian kode-kode program yang menjadi pondasi system android. Pihak pabrik pembuat android selalu mengunci bootloader agar kamu tidak bisa mengoprek jeroan system android yang telah mereka bangun. Setiap Vendor perangkat android memiliki bootloader yang berbeda sehingga cara root setiap gadget android tidak selalu sama.


3. Recovery Mode.

Recovery Mode sebenarnya software yang terpisah dari system android. Recovery dibuat dengan tujuan untuk membuat perubahan pada system android seperti update firmware (ROM), reset ke setelan pabrik, instal script optimasi, dll.


4. Nandroid (Backup)

Nandroid adalah backup-an data, aplikasi, setting, SMS, ponsel/tablet android.


5. Wipe (hapus)

Wipe adalah perintah untuk menghapus data di perangkat android. Ada beberapa jenis wipe dalam recovery mode yaitu wipe data (reset ke setelan pabrik), wipe cache dan wipe dalvik cache.


6. Flashing.

Flashing adalah proses menginstal Android ke perangkatmu. Jika meminjam istilah dalam PC, Flashing bisa diibaratkan sebagai instal ulang gadget android.


7. Kernel

Kernel adalah kode-kode program yang menghubungkan Hardware HP/Tablet dengan Software (ROM).


8. Brick (Soft-Brick / Bootloop dan Hard-Brick)

Brick adalah keadaan dimana android mu tidak bisa beroperasi. Soft-Brick / Bootloop adalah proses booting yang terus berulang tanpa bisa masuk k system android. Sedangkan Hard-Brick adalah kedaan dimana perangkat android tidak nyala sama sekali. Soft-Brick biasanya dialami jika kamu salah dalam mengikuti proses root atau ROM yang kamu pilih tidak support dengan HP/Tablet android yang kamu miliki.


9. SuperUser

Jika proses root berhasil, di ponsel mu akan terinstal SuperUser yang artinya kamu telah memiliki akses total ke system android.

Semoga istilah penting root android ini menambah pengetahuanmu dalam hal cara root android


Bagikan Artikel :
DAPATKAN UPDATE TERBARU LEWAT EMAIL

Tambahkan Komentar dibawah

bold <b>b</b>
italic <i>i</i>
underline <u>u</u>
HTML<code></code> use Parser

Emoticon
Parser
😊
😉
😀
😁
😎
😍
😜
😑
😇
💖
😯
😱
😭
👍
🍻