Sabtu, 15 Mei 2021

Tips Meningkatkan Kinerja Android

Tips Meningkatkan Kinerja Android

Tips Meningkatkan Kinerja Android


Tips Meningkatkan Kinerja Android ini bisa dilakukan semua orang karena memang sangat mudah dilakukan. Buat kamu yang baru menggunakan ponsel android pun akan bisa menerapkan tips meningkatkan kinerja android ini. kalau kamu merasa kinerja androidmu terasa lambat, terutama karena telah menginstall banyak aplikasi dari Google Play Store tidak ada salahnya kamu mencoba menerapkan tips dari cara-android.com ini.

Tips Meningkatkan kinerja android

Tips Meningkatkan Kinerja Android

1. Kenali Gadget Android mu

Tips Meningkatkan Kinerja Android yang pertama adalah dengan cara mengenali gadget androidmu terlebih dahulu. Ada baiknya kamu mengenal ponsel / tablet androidmu. Terutama bagian prosessor dan RAM. Jangan paksakan gadgetmu untuk melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan terutama jika Prosessor dan RAM nya kecil. Contoh, ponsel android dual-core + RAM 512MB jangan paksakan diinstal Launcher yang berat seperti Buzz Launcher, BBM, WhatsApp, Facebook, twitter, Line, kakao talk, wechat, instagram, path dan lain-lain dalam waktu bersamaan. Bijaklah dalam memilih aplikasi yang benar-benar kamu butuhkan.

2. Hapus (Uninstall) / Nonaktifkan Aplikasi yang jarang dipakai

Setiap aplikasi yang kamu install memakan ruang penyimpanan dan menggunakan RAM untuk proses di belakang layar. Semakin banyak RAM yang digunakan dibelakang layar akan memperlambat kinerja ponsel android. Simpan aplikasi yang benar-benar kamu butuhkan dan hapus(uninstall) atau nonaktifkan aplikasi yang kurang berguna.
untuk menjalankan Tips Meningkatkan Kinerja Android yang ini tinggal Masuk ke Setelan (Settings) > Apl (app)> Semua (All)> lalu sentuh aplikasi yang kurang berguna. lalu pilih Copot Pemasangan (Uninstall) atau Nonaktifkan

3. Gunakan kartu memori kecepatan tinggi.

tips meningkatkan kinerja androidKartu memori digunakan untuk menyimpan data aplikasi yang diinstall dan data lainnya. Ponsel dengan kapasitas memori internal yang kecil akan terbantu dengan kartu memori kapasitas besar apalagi didukung oleh kecepatan tulis yang tinggi. Usakan untuk menggunakan kartu memori Class 10 atau minimal Class 6 untuk performa terbaik ponsel / tablet Android mu.

4. Kurangi penggunaan Widget

Widget bukanlah aplikasi, yang artinya Widget hanya akan berjalan jika kamu memilih untuk menggunakannya. Setelah kamu memilih mengaktifkan Widget maka Widget tersebut akan terus dan selalu berjalan di latar. Dengan terus berjalannya Widget sepanjang waktu, otomatis akan memakan RAM dan mengkonsumsi baterai tersebut menerus. Hal ini akan mengurangi kinerja Gadget Android serta menguras baterai lebih cepat. Apalagi Widget cuaca yang secara berkala mengirim data tentang lokasi menggunakan koneksi internet yang tentu saja memakan RAM dan menguras baterai.

5. Hindari Live Wallpapers

Live wallpaper memang indah, setiap pabrik memiliki Live wallpaper unik masing-masing, tapi kamu juga harus tau kalau penggunaan Live wallpaper membuat prosesor Gadget Android mu terus bekerja, sehingga memperlambat kinerja dan menguras baterai lebih cepat.

6. Minimalkan fitur auto sinkron

Sinkronisasi memang fitur smartphone yang sangat berguna. Namun jika kita mengaktifkan fitur auto sinkron maka Gadget kita akan melakukan Sinkronisasi secara berkala. Proses ini membutuhkan koneksi internet untuk upload dan download data ke server yang pastinya membutuhkan kerja prosesor dan RAM sehingga lagi-lagi memperlambat kinerja HP/Tablet dan menguras baterai. Jika kamu memang membutuhkan Sinkronisasi untuk keperluan email maka akan lebih bijak jika kamu hanya mengaktifkan fitur auto sinkron hanya untuk email. Sedangkan data lain bisa kamu sinkronkan hanya jika kamu benar-benar membutuhkannya.

7. Matikan animasi

Tips meingkatkan kinerja android yang terakhir adalah mematikan animasi. Jika kamu perhatikan, setiap kamu berganti halaman akan ada efek yang menyertai pergantian halaman Gadget kamu, baik itu di homescreen atau di drawer. Untuk mematikan efek pergantian halaman tersebut, kamu bisa menonaktifkannya di Setelan (setting)> Opsi Pengembang (Developer Options) > Skala Animasi Jendela (Windows Animation Scale) > animation scale 10x. Lalu rubah animation scale 10x ke “matikan” atau pilih pilhan yang plaing kecil.

Bagikan Artikel :
DAPATKAN UPDATE TERBARU LEWAT EMAIL

Tambahkan Komentar dibawah

bold <b>b</b>
italic <i>i</i>
underline <u>u</u>
HTML<code></code> use Parser

Emoticon
Parser
😊
😉
😀
😁
😎
😍
😜
😑
😇
💖
😯
😱
😭
👍
🍻