Rabu, 09 Februari 2022

4 Tips Mudah Cara Merawat Kain Tenun

Daftar Isi [Tutup]

    tips mudah merawat kain tenun

    Erwinwidianto.com - Indonesia memiliki beragam kain tradisional, salah satu yang khas adalah kain tenun ikat. Perawatan kain tenun bisa dibilang gampang-gampang susah. Untuk mencuci dan merawatnya bisa kamu lakukan di rumah aja loh. Ini dia 4 tips mudah merawat kain tenun ikat!

    Tips mudah merawat kain tenun

    tips mudah merawat kain tenun
    Tips mudah merawat kain tenun

    1. Cuci Secara Terpisah

    Beberapa orang mungkin sedikit worry saat mencuci kain tenun, karena takut rusak. Menghindari hal tersebut, ada yang perlu diperhatikan yaitu jangan samakan mencuci kain tenun dengan pakaian lainnya.

    Pada pembelian pertama ada baiknya dicuci secara terpisah, agar warna tidak luntur dan mengenai pakaian lain. Pisahkan pakaian berbahan kain tenun dengan pakaian lainnya. Usahakan untuk tidak mencuci kain tenun dengan mesin cuci, tapi dengan tangan langsung.

    2. Gunakan Detergen yang Lembut

    Kain tenun cukup dicuci dengan menggunakan sabun/detergen yang lembut. Bisa pakai sabun silky, sabun khusus batik atau jika perlu gunakan sabun lerak. Jika sulit menemukan jenis sabun tersebut atau kepepet kamu bisa pakai sampo bayi.

    3. Tidak Perlu Direndam Terlalu Lama

    Saat mencuci tidak perlu merendamnya terlalu lama. Hanya perlu menguceknya saja dengan halus. Siapkan wadah/baskom berisi air sabun. Cara mencuci kain tenun yang benar adalah tidak perlu direndam terlalu lama tapi cukup di celup-celupkan saja sampai seluruh kain basah. Hindari untuk mengucek kain apalagi diperas atau dipelintir.

    4. Jangan Dijemur Langsung Di Bawah Sinar Matahari

    Pada tahap pengeringan ini yang penting. Untuk menghilangkan air pada kain tenun, kamu cukup mengurut dari arah atas ke bawah kain, tanpa diperas kuat, lalu dikibas-kibaskan. Setelah itu jangan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Karena dapat merusak warna pada kain.

    Penggunaan kain tenun ikat kini semakin berkembang, selain untuk interior rumah dan pakaian , kain tenun ini juga banyak digunakan sebagai pelengkap busana. Salah satunya hijab.

    Bagi kamu pecinta kain tenun,  yuk lihat koleksi hijab kain tenun ikat dengan beragam warna yang cantik dan menawan.

    Itu dia tips mudah merawat kain tenun yang bisa kamu coba di rumah. Semoga kain tenun kesayanganmu tetap awet dan tidak cepat rusak ya!
    Tinggalkan Komentar

    Silahkan berkomentar dengan sopan ya :-)